Resep Membuat Onde-onde Mini Ubi Ungu Tanpa Isi yang Enak

Punya stok ubi ungu di rumah bun? Dari pada bingung mau dimasak apa, mending dibikin kudapan aja. Kali ini ada satu resep yang bisa sahabat bunda coba, yaitu onde-onde ubi mini ubi ungu. Meskipun resep ini tanpa isi, tapi rasanya tetep manis, enak dan bikin nagih. Langsung cek aja cara membuatnya berikut ini..

Onde Onde Ubi

Bahan-bahan:

100 gram Ubi Ungu
100 gram tepung beras ketan
25 gram tepung Tapioka
25 gram gula pasir / gula castor
sejumput Garam
50-75 ml santan hangat
secukupnya wijen
sedikit air untuk pencelup

Cara membuat:

Cuci bersih Ubi, kukus smpai empuk dan matang, lalu haluskan panas-panas, setelah itu diamkan biar dingin.

Di wadah campur tepung beras ketan + tepung Tapioka + gula pasir tambahkan Ubi yg sudah di haluskan tadi tuang sedikit demi sedikit santan hangat, aduk rata dan uleni smpai adonan terasa pas dan bisa di bentuk / di pulung (jangan tuang semua santan nya, klau udah terasa pas, stop jngan di tuang lagi).

Ambil sdikit adonan, bulat"kan sesuai selera (kalau aq di timbang @20 gram man), celupkan bulatan onde" ke air lalu gulingkan ke wijen.

Siapkan wajan dengan minyak agak banyak (smpai onde"bisa terendam semua saat di goreng), nyalakan api sedang cenderung kecil, gk perlu nunggu panas ya langsung masukkan onde"nya biar bisa matang merata jg bagian dalam nya dan jg tdak cepet gosong. Goreng hingga matang.